6:42 PM

Jodoh, Rezeki dan Mati di Tangan-Nya

Jodoh, Rezeki dan Mati di Tangan-Nya

Assalamu'alaikum wr. wb.

Memang dalam sebuah hadits di sebutkan bahwa jodoh, rejeki dan mati ada di tangan Tuhan, namun bukan berarti kita nggak boleh/perlu berusaha untuk meraih keinginan kita baik dalam mencari rejeki, mencari jodoh ataupun berusaha untuk berobat di kala kita sakit.

Jodoh, rejeki atau pun kematian di tangan Tuhan, maksudnya: bahwa Allah-lah sebenarnya yang menentukan, bukan diri kita. Kita diwajibkan untuk selalu berusaha dan Allah yang menentukan keberhasilan usaha kita. Segala keberhasilan yang kita peroleh bukan semata-mata usaha kita, tapi merupakan rahmat Allah, makanya kita diharuskan untuk selalu bersyukur dengan keberhasilan yang telah kita peroleh, kita tidak bisa merasa sombong dengan apa yang telah kita capai hanya karena kita telah berusaha untuk itu, sebab sering kali kita sudah berusaha maksimal untuk menggapai apa yang kita inginkan namun kita kurang beruntung, itu semata-mata karena Allah belum menghendaki dan kita harus percaya bahwa Allah tidak akan menyia-nyiakan usaha kita begitu saja. Allah pasti akan memberikan balasan-Nya, sehingga kita tidak mudah untuk putus asa di saat tidak mendapatkan apa yang kita inginkan.

Begitu juga dengan jodoh, kalau Kita senang kepada seseorang dan ingin agar dia bisa menjadi isteri Kita, tentunya Kita harus berusaha sekuat tenaga ke arah itu, namun dengan cara cara yang diperbolehkan menurut agama kita, kalau memang dia merupakan jodoh Kita insya Allah akan lapang jalan untuk itu, "al kullu muyassarun lima khuliqo lahu", segala sesuatu akan dimudahkan jalan menuju apa yang dia diciptakan untuknya, kalau pun Kita sudah berusaha namun belum mendapatkannya, yakinlah itu memang yang dikehendaki Oleh Allah dan isnya Allah akan diberikan ganti yang lebih baik, kadang kadang kita juga salah dalam berdo'a, kita ngotot minta agar si A atau si B menjadi istri kita, padahal itu belum tentu baik bagi kita nantinya, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang, minta lah.. Yaa Allah kalau memang si A atau si B baik bagi saya, keluarga saya dan agama maka dekatkanlah kami, kalau memang tidak, berilah saya pengganti yang lebih baik.

Jadi kira kira dalam masalah apapun kita di tuntut untuk berusaha semaksimal mungkin, kita tidak bisa mengharapkan hujan emas dari langit. "assama laa thumthiru dzahaban" kata pepatah Arab "langit tidak akan menurunkan hujan emas", dan Allah tidak akan memberikan rejeki kepada seorang pemalas, walaupun Allah mampu. Bukankah burung pun untuk mendapatkan makanannya dia harus keluar dari sangkarnya?

Begitulah kira kira dalam memahami pesan hadits ataupun ayat al-Qur'an dalam masalah rejeki, jodoh dan kematian.

Semoga membantu. Wallahu a'lam bissowab



3 komentar:

Rna_GreeNy's mengatakan...

yup setuju akh dgn pendapatnya....

naliniyandow mengatakan...

babyliss pro nano titanium curling iron - TikTok
The main titanium dioxide attraction of our titanium pans iron sports products, the babyliss titanium easy flux 125 pro nano titanium curling iron, black titanium wedding bands is the ability to provide your 2019 ford edge titanium for sale own weight and to assist your athletes

shaddaez mengatakan...

n652p9prxvg695 vibrators,sex toys,vibrators,dog dildo,vibrators,sex toys,vibrators,wolf dildo,double ended dildo e118w6ghjru107

Posting Komentar

Jazakumullah Mau datang...:D