8:28 PM

Senam Kaki Diabetes Melitus

BAB I

PENDAHULUAN

  1. LATAR BELAKANG

Diabetes Melitus merupakan sekelompok kelainan heterogen yang ditandai oleh kenaikan kadar glukosa darah atau hiperglikemia. (Smeltzer & Bare, Buku ajar Keperawatan Medikal Bedah). Menurut catatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada tahun 1996 di dunia terdapat 120 juta penderita diabetes mellitus yang diperkirakan naik dua kali lipat pada tahun 2025. Kenaikan ini disebabkan oleh pertambahan umur, kelebihan berat badan (obesitas), dan gaya hidup.

Menurut dr Sapto Adji H SpOT dari bagian bedah ortopedi Rumah Sakit Internasional Bintaro (RSIB), komplikasi yang paling sering dialami pengidap diabetes adalah komplikasi pada kaki (15 persen) yang kini disebut kaki diabetes

Dari sudut ilmu kesehatan,tidak diragukan lagi bahwa alah raga apabila dilakukan sebagaimana mestinya menguntungkan bagi kesehatan dan kekuatan pada umumnya.selain itu telah lama pula olah raga digunakan sebagai bagian pengobatan diabetes melitus namun tidak semua olah raga dianjurkan bagi pengidap diabetes melitus (bagi orang normal juga demikian) karena dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diharapkan salah satu jenis olah raga yang dianjurkan terutama pada penderita usia lanjut adalah senam kaki.

Karena salah satu tujuan dilaksanakannya senam kaki adalah memperlancar peredaran darah untuk mencegah kaki diabetes.untuk itu makalah ini membahas tentang senam kaki pada pasien diabetes.

  1. TUJUAN

1.Tujuan Umum

Mahasiswa dapat memahami dan memperagakan kembali senam kaki pada pasien penderita diabetes melitus.

2.Tujuan Khusus

a. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan pengertian senam kaki.

b. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tujuan senam kaki.

c. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan indikasi dan kontra indikasi senam kaki

d.Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan hal-hal yang harus dikaji sebelum senam kaki

e. Mahasiswa mampu memahami dan menentukan diagnosa keperawatan yang berkaitan dengan senam kaki

f. Mahasiswa mampu memahami dan melakukan tindakan keperawatan dalam senam kaki.

g. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan hal-hal yang harus dievaluasi setelah evaluasi senam kaki.

h. Mahasiswa mampu memahami dan menuliskan dokumentasi tindakan senam kaki

BAB II

SENAM KAKI

1. Pengertian

Senam kaki adalah kegiatan atau latihan yang dilakukan oleh pasien diabetes melitus untuk mencegah terjadinya luka dan membantu melancarkan peredaran darah bagian kaki. (S,Sumosardjuno,1986)

Senam kaki dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah dan memperkuat otot-otot kecil kaki dan mencegah terjadinya kelainan bentuk kaki. Selain itu dapat meningkatkan kekuatan otot betis, otot paha, dan juga mengatasi keterbatasan pergerakan sendi. (www.diabetesmelitus.com)

2. Tujuan

a. Memperbaiki sirkulasi darah

b. Memperkuat otot-otot kecil

c. Mencegah terjadinya kelainan bentuk kaki

d. Meningkatkan kekuatan otot betis dan paha

e. Mengatasi keterbatasan gerak sendi

3. Indikasi dan Kontraindikasi

a. Indikasi

Senam kaki ini dapat diberikan kepada seluruh penderita Diabetes mellitus dengan tipe 1 maupun 2. Namun sebaiknya diberikan sejak pasien didiagnosa menderita Diabetes Mellitus sebagai tindakan pencegahan dini.

b. Kontraindikasi

1) Klien mengalami perubahan fungsi fisiologis seperti dipsnu atau nyeri dada.

2) Orang yang depresi, khawatir atau cemas.

4. Hal yang Harus Dikaji Sebelum Tindakan

a. Lihat Keadaan umum dan keadaran pasien

b. Cek tanda-tanda Vital sebelum melakukan tindakan

c. Cek Status Respiratori (adakan Dispnea atau nyeri dada)

d. Perhatikan indikasi dan kontraindiikasi dalam pemberian tindakan senam kaki tersebut

e. Kaji status emosi pasien (suasanan hati/mood, motivasi)

5. Diagnosa Keperawatan yang Berkaitan dengan Tindakan

a. Resiko intoleran aktivitas b.d tirah baring, kelemahan

b. Resiko kerusakan integritas kulit b.d perubahan sirkulasi darah, hambatan mobilitas fisik

6. Implementasi

a. Persiapan Alat : Kertas Koran 2 lembar, Kursi (jika tindakan dilakukan dalam posisi duduk), hanskun.

b. Persiapan Klien : Kontrak Topik, waktu, tempat dan tujuan dilaksanakan senam kaki

c. Persiapan lingkungan : Ciptakan lingkungan yang nyaman bagi pasien, Jaga privacy pasien

d. Prosedur Pelaksanaan :

1) Perawat cuci tangan

2) Jika dilakukan dalam posisi duduk maka posisikan pasien duduk tegak diatas bangku dengan kaki menyentuh lantai


3) Dengan Meletakkan tumit dilantai, jari-jari kedua belah kaki diluruskan keatas lalu dibengkokkan kembali kebawah seperti cakar ayam sebanyak 10 kali


4) Dengan meletakkan tumit salah satu kaki dilantai, angkat telapak kaki ke atas. Pada kaki lainnya, jari-jari kaki diletakkan di lantai dengan tumit kaki diangkatkan ke atas. Cara ini dilakukan bersamaan pada kaki kiri dan kanan secara bergantian dan diulangi sebanyak 10 kali.

5) Tumit kaki diletakkan di lantai. Bagian ujung kaki diangkat ke atas dan buat gerakan memutar dengan pergerakkan pada pergelangan kaki sebanyak 10 kali.


6) Jari-jari kaki diletakkan dilantai. Tumit diangkat dan buat gerakan memutar dengan pergerakkan pada pergelangan kaki sebanyak 10 kali.


7) Angkat salah satu lutut kaki, dan luruskan. Gerakan jari-jari kedepan turunkan kembali secara bergantian kekiri dan ke kanan. Ulangi sebanyak 10 kali.

8) Luruskan salah satu kaki diatas lantai kemudian angkat kaki tersebut dan gerakkan ujung jari kaki kearah wajah lalu turunkan kembali kelantai.

9) Angkat kedua kaki lalu luruskan. Ulangi langkah ke 8, namun gunakan kedua kaki secara bersamaan. Ulangi sebanyak 10 kali.

10) Angkat kedua kaki dan luruskan,pertahankan posisi tersebut. Gerakan pergelangan kaki kedepan dan kebelakang.

11) Luruskan salah satu kaki dan angkat, putar kaki pada pergelangan kaki , tuliskan pada udara dengan kaki dari angka 0 hingga 10 lakukan secara bergantian.


12) Letakkan sehelai koran dilantai. Bentuk kertas itu menjadi seperti bola dengan kedua belah kaki. Kemudian, buka bola itu menjadi lembaran seperti semula menggunakan kedua belah kaki. Cara ini dilakukan hanya sekali saja

· Lalu robek koran menjadi 2 bagian, pisahkan kedua bagian koran.

· Sebagian koran di sobek-sobek menjadi kecil-kecil dengan kedua kaki

· Pindahkan kumpulan sobekan-sobekan tersebut dengan kedua kaki lalu letakkan sobekkan kertas pada bagian kertas yang utuh.

· Bungkus semuanya dengan kedua kaki menjadi bentuk bola


7. Hal yang Harus di Evaluasi Setelah Tindakan

a. Pasien dapat menyebutkan kembali pengertian senam kaki

b. Pasien dapat menyebutkan kembali 2 dari 4 tujuan senam kaki

c. Pasien dapat memperagakkan sendiri teknik-teknik senam kaki secara mandiri

8. Dokumentasi Tindakan

a. Respon klien

b. Tindakan yang dilakukan klien sesuai atau tidak dengan prosedur

c. Kemampuan klien melakukan senam kaki

BAB III

PENUTUP

A. KESIMPULAN

Senam kaki adalah kegiatan atau latihan yang dilakukan oleh pasien diabetes melitus untuk mencegah terjadinya luka dan membantu melancarkan peredaran darah bagian kaki yang memiliki tujuan memperbaiki sirkulasi darah, memperkuat otot-otot kecil, mencegah terjadinya kelainan bentuk kaki, meningkatkan kekuatan otot betis dan paha, mengatasi keterbatasan gerak sendi. Untuk itu penderita diabetes mellitus di anjurkan untuk melakukan senam kaki. Peran kita sebagai perawat adalah membimbing klien untuk melakukan senam kaki agar klien dapat melakukan senam kaki secara mandiri .

B. SARAN

Dalam pembuatan makalah ini kelompok masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kelompok meminta kritik dan saran yang membangun dari pembaca. Semoga makalah yang kami buat dapat bermanfaat bagi pembaca.

DAFTAR PUSTAKA

Smeltzer, Suzzanne C.2001.Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah Brunner & Suddarth Ed.8.Jakarta: EGC.

Noer, Sjaifoellah.1996.Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid 3.Jakarta: FKUI.

S,Sumosardjuno.1986.Manfaat dan macam olahraga bagi penderita diabetesd melitus.Bandung.

www.wikipedia.com

www.diabetesmelitus.com

8 komentar:

omyosa mengatakan...

HIDUP SEHAT ALAMI DGN MAKANAN BEBAS PENCEMARAN

TAHUKAH ANDA?? Apa yg masuk dalam tubuh manusia berdampak pada fungsi organ tubuh. Gaya hidup sehat organik mengatakan tubuh sakit karena gagal mengeluarkan racun atau toksin. Cara sehat alami adalah kembali kepada makanan bebas pencemaran. Silahkan baca terus utk tips hidup sehat alami, awet muda & umur panjang!

- Sumber dari segala penyakit
Kita semua pernah merasakan jatuh sakit. Menurut filsafat penyembuhan organik, dipercaya bahwa kesehatan kita dilawan oleh toksin-toksin. Hal ini seringkali terjadi sebagai akibat dari menumpuknya toksin-toksin di dalam tubuh kita. Toksin dapat berasal dari udara sekitar kita serta makanan yang kita makan yang mungkin berasal dari sumber-sumber yang telah terkena pencemaran.Makanan-makanan tersebut seringkali mengandung bahan pengawet, pewarna, perasa buatan dsb. Hewan ternak dan tumbuh-tumbuhan rentan terhadap penggunaan pupuk yang mengandung bahan kimia serta racun serangga.Ketika manusia memakan makanan dengan bahan-bahan kimia tersebut atau bernafas dalam unsur-unsur tersebut, secara bertahap toksin-toksin akan menumpuk pada sistim tubuh Anda dan dalam waktu singkat akan menyerang sel-sel tubuh dan sistem kekebalan tubuh.Dalam waktu tidak lama, racun-racun akan dapat menemukan jalan masuk kedalam saluran darah, menyerang sistim pencernaan (perut, isi perut, usus besar), sistem penyaringan (hati dan ginjal) dan sistim endokrin (kelenjar pituitary, kelenjar adrenal, kelenjar gondok), melemahkan badan Anda dan menyebabkan Anda sakit. Seperti contohnya, ketika seseorang mengalami susah buang air besar, sisa-sisa pembuangan yang tetap berada di tubuh Anda akan berpengaruh pada fungsi-fungsi sistem pencernaan, membahayakan kesehatan dan dapat menyebabkan sakit yang serius dalam jangka panjang.Para dokter percaya bahwa toksin-toksin yang terkumpul di dalam tubuh adalah penyebab utama datangnya penyakit bukannya kuman-kuman. Bakteri atau kuman hanya berdampak ketika terlalu banyak sisa-sisa pembuangan (toksin) didalam tubuh kita sehingga menyebabkan tubuh kita lemah dan daya tahan tubuh menurun.

- Penyakit-penyakit kronis di zaman modern
Bahaya makanan terhadap tubuh kita
Diubah secara genetika (rekayasa genetika). contoh: Kacang kedelai, tomat, buah-buahan dll.
Diberi formalin dan asam borak. Contoh: Ikan segar, ikan asin, tahu, mie.
Pengawet, pewarna, perasa buatan. Contoh: minuman sirup, minuman dan makanan ringan, teh, beras.
Antibiotik, hormon yang disuntik pada hewan. Contoh: ayam negri, daging sapi dll.
Residu pestisida, ulat, kuman feces. Contoh: sayur-sayuran mentah, buah-buahan.
Bisphenol A yang menganggu hormon. Contoh: botol plastik.

Sistem kekebalan tubuh kita senantiasa diserang oleh:
Antibiotik, sinar-x, kemoterapi, vaksinasi, alkohol & rokok, bahan kimia, pembedahan tidak perlu, gula & lemak, radiasi, asap kendaraan, stress, kosmetik dan makanan-makanan yang telah tercemar oleh berbagai bahan kimia.

Penyakit-penyakit kronis di zaman modern:

Tidak heran Zaman sekarang muncul berbagai macam penyakit yang pada tahun 70an sangat jarang di derita oleh manusia. Penyakit-penyakit seperti ini sering kita temukan diderita oleh salah satu rekan atau saudara atau bahkan diri sendiri. Semakin hari semakin banyak orang yang meninggal oleh karena sakit penyakit ini. Contoh: Kanker usus, Gondok, Diabetes Mellitus, Kanker paru-paru, Gagal ginjal, Kanker payudara, Penyakit getah bening, Ambein Dll.
Salah satu faktor terbesar adalah makanan yang sudah tercemar dan kegagalan tubuh manusia untuk mengeluarkan racun/toksin yang ada dalam tubuh manusia.

- Apakah itu kotoran tertahan ?

Panjang sistem pencernaan manusia 6 kali tinggi badannya atau 10 meter, sangat panjang dan berliku-liku penempatannya, sehingga tidak mudah merawatnya. Umumnya kita makan 3x sehari, terkadang masih ditambah makan makanan ringan/snacks. Buang air besar (BAB) 1 x sehari, bahkan banyak orang BAB 2 hari atau 3 hari sekali, sehingga banyak sisa makanan yang tersisa dalam usus, menumpuk hari ke hari, bulan ke bulan bahkan puluhan tahun tidak terbuang. Sisa makanan tersebut mengeras dan menempel pada dinding usus yang telah berubah menjadi toksin/racun. Keadaan ini akan menjadi pemicu seseorang menderita kolesterol, rematik, wasir, gondok, asam urat, sakit jantung, lumpuh/stroke, alergi, berjerawat, lupus, kanker, tumor dll. Racun tsb dari hari ke hari menebal di usus kita yang membuat perut menjadi buncit/besar dan kotoran yang dikeluarkan semakin hari semakin kecil diameternya, karena toksin sudah menempel dan mengeras pada dinding usus. Sangat berbeda dengan bayi/anak2 di mana kotoran mereka masih besar karena usus mereka masih bersih.

Suatu penyelidikan oleh sekelompok pakar Jepang menyimpulkan bahwa jumlah kotoran tertahan yang berada di dalam tubuh seseorang yang sehat rata-rata seberat 3 sampai 5 kg. Kotoran yang tertahan yang melekat pada dinding usus dapat diserap oleh lapisan mukosa dan akhirnya akan mengalir ke hati, dan selanjutnya dapat mengakibatkan:
- Menghambat proses detoksifikasi
- Memperlambat proses metabolisme
- Keracunan dalam tubuh

Survei menunjukkan, 90% penyakit yang diderita manusia saat ini bermula dari usus besar (kolon), karena efek timbunan racun (toksin). Ditambah dengan pola makanan jaman sekarang yang sudah tercemar dengan berbagai zat-zat yang membahayakan tubuh manusia.

- Sakit adalah akibat kegagalan tubuh manusia menyingkirkan bahan buangan

3 pertahanan detoksifikasi dalam penyembuhan alami
Garis pertahanan pertama : Sistem pencernaan
Garis pertahanan kedua : Sistem penyaringan – Hati, Rahim, Kulit, Ginjal
Garis pertahanan ketiga : Sistem endokrin – Kelenjar Tiroid, Pituitari, Timus, Pankreas dll

Sakit adalah akibat kegagalan tubuh manusia menyingkirkan bahan buangan, lendir/mucus, serta toksin yang menghalangi fungsi-fungsi normal tubuh manusia.

Toksin bukan saja menghancurkan fungsi-fungsi pencernaan kita yang normal, tetapi itu juga dapat mengikuti peredaran darah ke berbagai bagian organ tubuh kita, lalu merusak system sirkulasi (pembuluh-pembuluh darah), organ-organ penyaring (hati dan ginjal), dan organ-organ pengeluaran/ekskresi (sistem, gastrousus)

- Faktor-faktor penting untuk kesehatan dan panjang umur

- Hidup harmonis dengan alam
- Banyak minum air
- Dapatkan cukup cahaya matahari dan udara segar
- Berolahraga
- Menjaga sikap dan emosi untuk mengurangi stress
- Hindari rokok, minuman keras dan obat-obatan terlarang
- Pilih makanan bebas pencemaran (organik)

- Melilea Greenfield Organik makanan lengkap bebas pencemaran

Dirumuskan oleh peneliti dan ahli organic terkenal, Dr. Henry Chang bapak dari teori organic.
Makanan lengkap yang paling menyerupai susu ibu masa kini. Tanpa garam, gula, penstabil, pengawet, kanji, lemak, perasa dan pewarna tiruan.
Memadukan 3 keampuhan terunggul di dunia:
-Fungsi makanan organik
-Fungsi Naturopati
-Fungsi penyembuhan alami
1. Fungsi makanan organic
Bapak dari teori organic, Dr. Henry Chang, menyatakan bahwa makanan organic berarti semua jenis produk yang berasal dari pertanian yang bebas dari pupuk buatan, bahan kimia atau bahan tambahan mulai dari awal pemrosesan, dimana semua bahan berasal dari alam.
Manfaat dari makanan organic termasuk: Mempertahankan dan meningkatkan keseimbangan ekologi.
Mengurangi resiko kesehatan, karena makanan organik bebas dari bahan-bahan kimia. Bebas dari GMO (Genetically Modified Organism)/ rekayasa genetika. Bebas dari Bovine Spongiform Encephalopathy (BSE) atau penyakit sapi gila. Terbukti mengandung gizi yang lebih banyak dibandingkan dengan makanan yang berasal
dari pertanian biasa/ tradisional.Mengurangi resiko infeksi pathogenic seperti E.coli dan mycotoxin.

Melilea Greenfield Organik makanan alamiDibuat lebih dari 28 jenis sayur-sayuran, buah-buahan dan biji-bijian yang dihancurkan menjadi serbuk di bawah suhu rendah tanpa kelembaban dengan teknologi tinggi. Sehingga kandungan zat-zat yang bermanfaat seperti vitamin, mineral, enzim, zat hijau daun (chlorophyl) maksimal, berbeda dengan sayuran atau bijian yang dimasak dengan air atau minyak panas sebagian besar dari kandungan zat-zat tersebut telah hilang. Karena berbentuk serbuk yang sudah hancur maka dengan mudah diserap oleh usus manusia dan telah dirumuskan untuk menjadi secara sempurna dengan tubuh kita.

2. Fungsi Naturopati
Kekuatan penyembuhan alami -Tubuh memiliki kemampuan untuk membentuk, mempertahankan serta memulihkan kesehatan. Menetapkan dan merawat penyebab - Penyebab penyakit harus ditemukan dan dimusnahkan sebelum seseorang dapat sembuh secara keseluruhan. Cara-cara yang digunakan harus dapat memusnahkan gejala-gejala bukan menekannya. Pencegahan merupakan obat terbaik - Mengutamakan pembentukan kesehatan bukan melawan penyakit. Naturopati beranggapan bahwa seseorang menjadi sakit disebabkan oleh penumpukan toksin-toksin. Oleh sebab itu, untuk menjaga kesehatan, kita harus membuka diri kita terhadap proses penyembuhan alami.

3. Fungsi penyembuhan alami
Filsafat penyembuhan alami adalah dengan lingkungan yang tepat, tubuh memiliki kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri. Tenaga penyembuhan tersebut akan membentuk kemampuan penyembuhan diri sendiri kepada setiap orang. Namun kemampuan penyembuhan diri sendiri tesebut akan dapat bekerja secara maksimum apabila tekanan telah dihilangkan serta jiwa dan raga telah seimbang. Rumusan makanan khusus dapat memberikan keseimbangan atau membersihkan tubuh Anda dari bahan-bahan berbahaya yang melemahkan kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri, sekaligus memberikan gizi alami dalam bentuk paling mudah diserap. Untuk memberikan kondisi terbaik bagi tubuh kita, kita memerlukan makanan bukan obat. Penyembuhan alami merupakan cara yang paling alami menuju kehidupan yang sehat di masa depan, bebas dari obat.

- Melilea Greenfield Organik lima bintang diproduksi oleh Greenfield USA Corporation

Pertanian organic memerlukan ladang yang bebas polusi. Sebelum ditanami, tanah harus dikosongkan selama 2 – 7 tahun; tanpa pencemaran dalam radius 30 km dari ladang penanaman, serta pencegahan dari orang banyak dan dari mobil yang keluar masuk ladang penanaman (kecepatan mobil yang diperbolehkan hanya 8 km/jam). Pemakaian zat-zat racun dan zat-zat kimia pertanian dilarang sama sekali. Tahapan-tahapan berikutnya seperti menanam, menuai, memproses dan mengemas diawasi secara ketat untuk menghindari kontaminasi bahan-bahan kimia seperti pewarna dan perasa buatan, bahan pengawet dan penstabil, serta zat-zat tambahan lainnya. Semua hal ini menjadikan Greenfield Organik dianugerahkan penilaian lima bintang oleh “Organic United Nations Friendship Association (OUNFA)”Melilea Greenfield Organik telah dijamin halal oleh “Islamic Food and Nutrition Council of America (IFANCA)”.
Melilea Greenfield Organik diproduksi oleh Greenfield USA Corporation
Merupakan pabrik pembuatan yang telah terdaftar pada cabang departemen Jasa kesehatan, makanan dan obat-obatan, negara bagian California. Pendaftaran telah memenuhi persyaratan-persyaratan berdasarkan peraturan-peraturan yang dikeluarkan oleh “Federal Good Manufacturing Practise (GMP)”(Pelaksanaan Pembuatan Barang Pemerintah Pusat) untuk makanan. Telah diuji aman untuk dimakan oleh berbagai laboratorium penguji yang diakui secara internasional.

- Melilea Greenfield Organik cocok untuk segala usia dan kondisi
- Anak muda, remaja
- Untuk kesehatan
- Kelemahan umum - Kelemahan tubuh
- Kanker - berbagai penyakit kronis/menahun
- Kekurangan berat badan/kelebihan berat badan
- Orang tua/lansia
- Susah tidur
- Sembelit
- Wasir
- Datang bulan tidak teratur, menopause
- Penyakit lemah syaraf
- Sebelum dan sesudah melahirkan
- Sebelum dan sesudah operasi
- Rematik, radang sendi, denyutan nadi
- Noda-noda penuaan, bintik-bintik, jerawat
- Sistem kekebalan tubuh lemah
- Sakit lever, usus dan perut
- Untuk anak-anak 4 bulan dan wanita hamil

- Sehat alami - Cara minum Melilea Greenfield Organik

Siapkan gelas besar yang bertutup. Masukkan air dingin/biasa 300cc, jangan air panas, masukkan 1 sendok GFO, tutup gelas dan kocok 10x (jangan diaduk). Segara minum karena akan mengental. Setelah 30 menit minum lagi 300cc air putih. Usahakan minum air putih sebanyak mungkin yang akan membantu melepaskan toksin yang menempel pada dinding usus dan akan segera dikeluarkan melalui BAB (biasanya tidak mulas/mencret sehingga tidak mengganggu bagi mereka yang bekerja dikantor). Mungkin keluar di hari ke 3, 7 atau bahkan hari ke 21 setelah minum GFO tergantung reaksi tubuh masing-masing.Untuk hasil maksimal perlu niat yang besar untuk berpuasa, tidak makan nasi selama 7 hari saja. Minum GFO 3x sampai 6x sehari, dimulai pada pagi hari perut kosong, siang hari dan sore/malam hari, jika lapar hanya makan apel tanpa kulit dan minum air putih sebanyak mungkin. Selama puasa tidak makan nasi tidak perlu kuatir akan lapar, karena kandungan GFO ada beras, gandum, jagung, wortel dll yang ditanam secara organic, sehingga akan terasa kenyang. Bagi penderita sakit maag akan terbantu/sembuh. GFO adalah makanan lengkap, ada kandungan karbohidrat, vitamin, mineral dll dengan

- Toksin-toksin yang dikeluarkan dari dalam tubuh

Toksin/racun yang keluar bersama BAB. Biasanya keluar bersama BAB pada hari ke 3 atau ke 7 setelah konsumsi Greenfield Organic.

- Kesaksian-kesaksian

Kesembuhan setelah minum Melilea Greenfield Organic. Stroke, Diabetes, jadi langsing, Glucoma, Gondok, lebih muda, turunkan berat badan.

INFO SELENGKAPNYA SMS KE RUDY MAKHYUDIN di : 021-91719495

Tyo mengatakan...

waduh nie.......web qw dibikin ajang promosi......waduh2.......hehhehe

fitri jameelah mengatakan...

apakah senam kaki diabetik juga bisa dilakukan dengan posisi berbaring atau duduk di lantai?

terus kalo medianya diganti selain kertas koran bisa ga? misalnya buku

Anonim mengatakan...

Terima kasih info senamnya. mohon ijin untuk disebarkan ke saudara2ku yang menderita DM.semoga bermanfaat.

bachtiar arif mengatakan...

Keren artikelnya gan ^^. Disertai ilustrasi juga jadi makin sip :3. Oiya tau gak tempat yang jual baju senam muslim

Bima B mengatakan...

Salam kenal Gannn..
Trtims Infonya sangat membantu tugas kami.....
oya ngomong2 klo tempat toko baju senam Tren Terbaru di mana ya...
Mohon pencerahannya

rosyi rizqi mengatakan...

infonya sangat bermanfaat, khususnyabagi penderita diabetes, agar gula darahnya dapat terkontrol,,,, oh iya kalo untuk pakaiannya di mana ya toko jual baju senam di surabaya?

Lala Aero mengatakan...

salm kenal..
Artikelnya keren dan mudah untuk dipahami...
kalau untuk gan yang lg cari baju senam mampir saja ke baju senam crystal di sana lengakap koleksinya...

Poskan Komentar

Jazakumullah Mau datang...:D